Perbedaan Intel dan AMD

Jadilah Pengguna yang Cerdas Dengan Mengetahui Perbedaan Intel dan AMD

Perbedaan Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Intel dan AMD akan kami bahas selengkapnya di sini. Meskipun kedua istilah ini nampak tidak asing, kenyataannya bagi orang awam kedua istilah ini bukanlah sesuatu yang berarti dan nampak sama saja. Padahal kenyataannya kedua istilah ini memiliki peran yang sangat penting pada komputer Anda.

Maka dari itu, agar Anda tidak salah pilih saat akan menentukan untuk membeli sebuah laptop, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari AMD dan Intel. Jangan sampai Anda menyesal pada akhirnya, karena ternyata apa yang Anda harapkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Untuk itu, simak selengkap perbedaannya di bawah ini.

Processors Intel dan AMD

Apabila motherboard diibaratkan jantung dari sebuah sistem, maka Central Processing Unit sebagai otaknya. Memilih salah satunya saat ini merupakan hal yang sangat rumit dibandingkan dengan dulu. Sekarang hanya ada dua pesaing yang tertinggi di pasaran, dan perbedaan Intel dan AMD ini sering membuat pengguna bingung memilih. Karena keduanya hampir dilengkapi dengan ratusan processor berbeda (jika Anda mempertimbangkan model dan speed) akan sedikit sulit.

Intel dan AMD membuat processor yang memiliki kelas yang sama, kurang lebih seperti pabrikan mobil. AMD harganya lebih murah dibandingkan dengan intel, meskipun Intel memiliki pangsa pasar yang lebih besar. Hal lain yang bisa menjadi patokan ialah dengan menilai speednya. Cara cepat untuk menilai processor ialah dari clock speednya.

Hal ini bisa dilihat dengan mudah, yakni dengan melihat berapa operasi yang mampu dihandlenya pada setiap detik. Misalnya saja pada 3.0 Ghz, yang berarti bisa menghandle 3 miliar operasi setiap detik. Selain itu, charce on board juga berperan penting. Ukuran dari chace on board biasanya antara 512 KB dan 1 MB.

1 MB biasanya akan memberikan harga yang lebih mahal namun performancenya tentu saja lebih baik. Jenis socket bisa menentukan motherboard yang mana yang akan bisa digunakan. Biasanya socket termasuk dengan jumlah dari pin yang dimiliki oleh procesor jelasnya, yaitu socket 939 pasti memiliki pin 939.

Perbedaan Intel dan AMD Baik Keunggulan dan Kekurangan Processor

Kini tiba saatnya Anda untuk mengetahui perbedaan Intel dibandingkan AMD. Perbedaannya yaitu, set intruksi yang tedapat pada Intel ialah MMX, SSE2, SSE, dan SSE3, namun pada AMD hanya ada SSE2 dan 3Dnow. Namun dari sekian banyaknya instruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah tersedia dalam 3Dnow milik AMD yang tidak dimiliki oleh intel.

L1 yang tersedia pada Intel berkapasitas maksimal 32K, sedangkan oada AMD ialah 128K. Berdasarkan beberapa test yang dilakukan AMD dengan L1 128 lebih unggul, dibandingkan dengan intel. Banyak transistor yang ada pada intel 100 miliyar sedang AMD 105 miliyar. Perbedaan Intel dan AMD yaitu temperatur pada intel bisa diatur oleh processornya sendiri, yakni dengan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas.

Sedangkan pada AMD64 temperatur maksimum ialah 900C. Dari suhu, teknologi intel lebih unggul dibandingkan dengan AMD. Dalam pengolahan komunikasi aplikasi, AMD lebih unggul seperti transfer data pada modem, MP3, ADSL, dan Doubly Digital Suround Sound. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya lebih bersahabat.

Pipeline milik intel memang lebih panjang dari AMD, namun pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, membuat pipeline intel kecepatannya melambat di bawah AMD. Pada processor intel dengan pentium 4 harga standar dengan kecepatan yang cukup lumayan. Demikian perbedaan yang bisa kami sajikan, perbedaan Intel dan AMD.

Tags: No tags

Comments are closed.