Teknologi Zoom Optik 10X

Teknologi Zoom Optik 10x di Smartphone Anda

Pernah membayangkan, tidak, ada teknologi zoom optik 10x lipat yang melekat pada smartphone Anda? Sekarang teknologi seperti itu sudah tidak perlu dibayangkan lagi, karena nyata Anda bisa mendapatkannya. Oppo sukses sebagai smartphone pertama yang memberikan inovasi di bidang potografi ini. Namun, inovasi itu kemudian disaingi oleh merk ternama asal Cina, yakni Huawei.

Dalam artikel ini kita akan membahas spesifikasi dari masing-masing merk smartphone tersebut. Sebelum itu, konon tujuan dari dikembangkannya teknologi zoom sampai 10x lipat yang melekat pada kamera belakang itu untuk memperjelas objek. Langkah berani Oppo di dunia smartphone membuat Oppo menjadi pionir dari teknologi kamera smartphone, meskipun ditangkis balik oleh merk Huawei.

Singkatnya cara kerja teknologi zoom optik 10x dari Oppo ini bekerja melalui cahaya yang masuk ke dalam lensa. Cahaya yang masuk akan direfleksikan ke array melalui cermin dan lensa tambahan untuk kemudian masuk ke sensor gambar dari smartphone tersebut. Ada total tiga lensa yang terdapat pada teknologi ini, yakni lensa wide angle, lensa superwide angle, dengan ekuivalen sebesar 16 milimeter.

Spesifikasi Oppo dengan Kamera Zoom 10X

Sekilas kita sudah tahu bagaimana gambaran umum teknologi kamera terkini tersebut, sekarang kita cari tahu seperti apa spesifikasi dari Oppo. Pertama Oppo mengonfigurasikan sejumlah 3 kamera, di antaranya kamera utama 48 Mp, kamera 16 Mp dengan lensa sudut lebar, dan kamera telephoto zoom 10x tersebut. Sebagai smartphone pionir, tentu spesifikasi ini menjadi poin yang sangat penting.

Teknologi zoom optik 10x lipat yang dimiliki Oppo juga didukung oleh triple lens dengan periskop yang menyamping. Tujuannya supaya bentuk fisiknya tidak menumpuk, sehingga ketebalan bisa diminimalisir menjadi 6,76 mm saja. Jika Anda kerap tremor, smartphone ini dilengkapi dengan penstabil gambar optic. Jadi, tujuannya untuk meminimalisir kalau suatu ketika mengambil gambar, gambarnya blur.

Spesifikasi selanjutnya dari Oppo adalah tidak dijelaskan berapa detailnya resolusi sensor untuk kamera dengan inovasi berani tersebut. Hanya saja pihak Oppo mengklaim bahwa jangkauan vocal lensa memiliki kurang lebih rentang 16 mm, sebagai sudut terlebar dan 160 mm untuk ranah telephoto.

Huawei Siap Menyaingi Oppo

Usai membicarakan teknologi zoom optik 10x lipat dan spesifikasinya pada smartphone Oppo, sekarang kita bahas seperti apa spesifikasi pada smartphone Huawei P30 Pro. Huawei tidak mengatakan akan mengeluarkan kamera dengan zoom optic 10x lipat, namun menggantinya dengan istilah superzoom. Istilahnya boleh beda, namun faktanya nanti public bisa memilah sendiri mau produk yang mana.

Meskipun demikian, Huawei nyatanya telah berencana menambahkan mode malam atau mode gelap pada inovasi terbarunya tersebut. Ancang-ancang yang sedang dipersiapkan Huawei sepertinya akan menjadi persaingan nyata untuk Oppo dengan kamera zoom optic 10x lipat pada kuartal kedua nanti.

Sebelum smartphone ini hadir ke public dengan benar-benar menyaingi teknologi zoom optik 10x lipat dari Oppo, sudah banyak rumor beredar. Pertama konon smartphone ini dilengkapi dengan layar OLED berukuran 6,5 inci, lengkap dengan poni atau notch seperti waterdrop atau selayaknya tetesan air.

Persaingan di kancah smartphone memang tidak akan ada habisnya, bila satu brand mengeluarkan inovasi terbaru, tidak heran jika dijawab lagi oleh brand lain. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena masing-masing brand memiliki target penjualannya sendiri. Tidak heran jika kemudian hari mungkin semua brand smartphone berlomba menghadirkan teknologi zoom optik 10x lipat.

Tags: No tags

Comments are closed.